Senin, 21 Juli 2008

SAATNYA GURU JADI TAULADAN

Pepatah lama mengatakan, GURU itu singkatan dari DIGUGU DAN DITIRU, jadi pada saat kita memutuskan untuk memilih profesi sebagai seorang guru, maka pada saat itu pula kita harus siap menjadi sosok yang pantas digugu dan ditiru, atau dengan kata lain menjadi suri tauladan paling tidak untuk anak didik kita.

Tapi sebagai manusia biasa, guru juga tidak bisa lepas dari khilap dan kesalahan yang sifatnya manusiawi. Disinilah kadang guru menjadi sasaran tudingan berbagai pihak, baik dari pihak pimpinan ataupun masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan.

di sisi lain pada penegakan disiplin kadangkala guru dihadapkan pada masalah yang dilematis pada saat menangani kasus kasus yang terjadi pada siswa nya, apabila terlalu lunak dianggap tidak mempunyai keberanian dalam menegakan disiplin, begitu juga kalau terlalu keras, tidak jarang guru yang dilaporkan oleh orang tua siswa ke polisi atau menjadi sasaran pemerasan wartawan gadungan yang membesar besarkan masalah supaya berita yang diangkat bernilai komersil.

Apalagi kalau dilihat dari sisi kesejahtraan, tidak jarang guru harus mencari kerja sampingan sana-sini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, yang akibatnya guru tersebut kurang terfokus pada anak didiknya karena "kejar setoran". Sebenarnya hal tersebut bukan semata mata gaji yang kecil, karena hal itu sifatnya relatif, tapi yang jelas hal itu terjadi karena tidak seimbangnya antara kemampuan dengan keinginan yang terlalu tinggi.

Melihat fakta-fakta diatas sudah saatnya kita menilai keberadaan guru itu secara proporsional, kita sangat berharap sosok guru kedepan mampu menjadi sosok yang benar benar jadi panutan, bukan ditakuti tapi disegani dan dicintai oleh muridnya dan masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan, disisi lain juga masyarakat harus bisa nenerima sosok guru apa adanya sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, juga perlu komunikasi yang efektif antara guru, siswa, masyarakat dan pemerintah agar segala permasalahan yang terjadi bisa diselesaikan dengan `win win solution'

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Barangkali minat lagi promo mobil honda bandung silahkan kunjungi Honda Bandung


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger